Blog Curhat dan Curcol

5 Tips memilih kamar kos-kosan


sumber gambar
Tulisan ini kami sajikan bagi anda para mahasiswa, atau para pelajar yang sedang merantau. Dalam rantau tentunya anda akan ngekos atau ngontrak rumah. Jika tidak memiliki saudara di sana. Ngekos pun tidak asal ngekos, harus pilih-pilih. Kos yang baik adalah kos memiliki kamar, dan kamar mandi. Hehe. Nah, di sini akan saya berikan tips memilih kamar kos-kosan.
  1. Pilihlah kamar yang lebar. Mengapa harus lebar? Tidak sedikit mahasiswa yang membawa barang-barangnya cukup banyak dalam kamarnya. Misal televisi, komputer, meja belajar, rak buku, kasur dan lain sebagainya. Jika kamarnya kecil bisa dipastikan anda akan sumpek. Hasilnya belajar tidak akan fokus dan produktif.
  2. Pilihlah kamar yang memiliki ventilasi. Ini masalah kesehatan. Kamar kos yang baik harus memiliki ventilasi. Agar pertukaran udara setiap hari bisa berganti. Tidak pengap dan bau masam dari kamar bisa keluar. Ventilasi harus menjadi pertimbangan memilih kamar kos.
  3. Pilihlah kamar yang tidak bolong. Nah, ini harus anda pertimbangkan. Kalau ada kamar anda bolong, segeralah minta pak kos untuk segera menambal dengan semen. Jika tidak gunakan lakban atau apa saja. Jangan sampai ada orang bisa mengintip aktifitas anda di dalam kamar. Atau jangan-jangan sengaja anda bolongin untuk ngintip kamar temannya?
  4. Pilihlah kamar yang berada di bawah. Ini sebenarnya subyektif. Namun ini untuk mengantisipasi jika terjadi bencana alam misalnya gempa. Kecuali kontruksinya anda yakini bagus maka mau di atas atau bawah bebas-bebas saja. Kalau di bawah setidaknya jika terjadi bencana alam anda bisa cepat lari dan menghindar.
  5. Pilihlah kamar yang berada di tengah. Ini bagi yang sering takut atau paranoid. Memilih kamar di tengah bisa membuat anda nyaman. Ada teman sebelah kanan dan kiri. Jika anda takut setidaknya ada teman yang menemani. Beda halnya jika kamar anda di pojok, ditambah mati lampu pula. Bisa-bsia anda tidak bisa tidur semaleman.
Ada lima tips memilih kamar kos-kosan. Tentunya masih ada lagi yang bisa anda tambahkan. Setidaknya referensi di atas bisa menjadi gambaran bagi anda yang ingin memilih kos-kosan. Kamar kos yang rapi, bersih dan nyaman akan bisa membawa anda untuk fokus belajar, tidur nyenyak dan mimpi yang indah.

Salam kemul sarung

0 Komentar untuk "5 Tips memilih kamar kos-kosan"

Silakan Berkomentar Dengan Baik dan Bijak. Salam Kemul Sarung.

Back To Top