Blog Curhat dan Curcol

4 Tips Agar Selalu Sehat


sumber gambar
Setiap orang pasti ingin selalu sehat. Tidak ada satupun yang menghendaki sakit. Sakit apa pun itu tidak enak. Kepala pusing saja rasanya sudah nggak karuan. Di tambah lagi masalah yang kian banyak. Bisa-bisa anda stress. Guru saya saat SMA pernah menyampaikan kepada siswanya begini. Saat itu ada teman saya yang sakit maag. Kemudian cerita sama gurunya. Beliau menjawab begini "Kamu sakit maag biasanya nggak sarapan atau makan sering telat. Namun bisa jadi sakitmu sekarang karena beban yang ada dalam pikiranmu".

Sontak saja kami semua kaget. Ternyata bisa juga sakit maag disebabkan banyak pikiran. Kalau pusing mungkin masuk akal, ini yang sakit kan lambung, kok bisa sampai pikiran. Apa hubungannya coba? Namun bapak tersebut menjelaskan, bukan hanya itu, sakit apa pun itu bisa jadi pikiran yang menjadi salah satu penyebabnya. Nah, di sini saya akan memberikan tips agar anda selalu sehat, Dan semoga kita semua diberikan kesehatan. Tipsnya sederhana:
  1. Berpikirlah positif. Jika anda berpikir positif dalam artian bahwa apa yang terjadi terhadap anda adalah kuasa Tuhan. Kemudian anda yakin bahwa anda akan selalu diberikan kesehatan dengan cara makan yang teratur, istirahat yang cukup, olahraga yang proporsional maka insyaAllah anda akan selalu sehat. Ini tips yang sangat formal sekali.
  2. Jangan berpikiran bahwa sakit itu penderitaan. Tips kedua ini kembali ke masalah pikiran. Jika anda berpikiran bahwa semua orang akan sakit, maka anda akan tenang. Kemudian dengan segera anda akan bisa sembuh. Tentunya dengan keyakinan bahwa anda bisa sembuh denga pertolongan Tuhan, dan bisa jadi melalui perantara dokter. Maka anda akan selalu sehat karena anda tahu bahwa sakit bukanlah penderitaan.
  3. Makan yang teratur. Makan teratur membantu anda menjadi sehat. Tubuh tetap bisa bugar dan anda jauh dari penyakit. Banyak penyakit datang bukan karena fisik anda yang lemah, namun karena anda tidak mau makan. Atau lebih kerasnya lagi anda menyepelekan bahwa makan itu penting. Orang puasa pun pasti akan sahur. Jadi ia makan dulu sampai kemudain menjelang buka. Itu pun disunahkan untuk menyegerakan makan. 
  4. Jangan menganggap tubuh anda robot. Jika anda sudah menganggap tubuh anda robot maka anda akan cepat sakit. Anda beranggapan bahwa fisik anda sempurna, asupan makan setiap harinya sudah tercukupi, semua seimbang. Namun jika anda menganggap anda memiliki fisik paling sempurna maka anda akan sakit. Logikanya dengan anda merasa kuat maka saat itulah anda lemah. Anda lupa bahwa anda harus menjaga diri anda dengan baik. Dengan alasan anda sudah merasa memiliki tubuh yang kuat.
Cukup empat hal yang bisa saya sampaikan. Semoga bisa bermanfaat. Orang bijak mengatakan "Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat". Jiwa yang kuat akan melahirkan pemikiran yang cerdas, perilaku yang berkarakter dan moral yang baik. 



0 Komentar untuk "4 Tips Agar Selalu Sehat"

Silakan Berkomentar Dengan Baik dan Bijak. Salam Kemul Sarung.

Back To Top