Blog Curhat dan Curcol

4 Tips Agar Saat Makan Selalu Terasa Nikmat dan Enak


sumber gambar
Seiring bertambahnya umur, kita dihadapakan pada situasi yang tak menentu. Masalah semakin bertambah, apalagi yang sudah berumah tangga (semoga menjadi kaluaga yang sakinah, mawaddah, warahmah) sering terjadi masalah yang tiba-tiba muncul. Nah, masalah-masalah tersebut berdampak pada pola makan kita. Jika ada masalah seringkali makan tidak terasa enak, saat sakit juga merasakan demikian. Semua makanan terasa hambar, lidah kelu, ditambah lagi pertu terkadang tidak mau menerima makanan. Sering mual. Ini beda halnya ketika mendapati makanan, karena kondisinya memang tidak fit atau lagi ada masalah.

Saat-saat sehat tentunya kita akan merasakan betapa nikmatnya makanan.  Kita akan merasakan yang kita makan benar-benar enak dan maknyus. Tentunya kita akan menanggapi dengan cara berbeda-beda. Saat sehat begini, belum tentu semua orang merasakan makan itu enak, mungkin lauknya, sayurnya, atau pun nasinya. Di sini akan diberikan tips agar makan selalu terasa enak:

  1. Yakinlah bahwa makanan itu halal. Ini yang perlu dan penting. Jika makanan itu enaknya luar biasa, namun jika anda ragu makanan itu halal atau haram, maka rasa enaknya akan hilang. Ragu-ragu antara halal dan haram membuat anda tidak akan merasakan masakan yang enak.
  2. Merubah pola pikir. Ini yang sulit tapi harus bisa. Saat anda hanya menggunakan garam ditambah satu tempe, bagi yang tidak biasa akan mengeluh. "Kok makanannya nggak enak sih?", "Ini kurang sayur", dan lain sebagainya. Rubahlah cara berpikir saat anda makan dengan garam serasa menggunakan lauk sate, atau ayam bakar. Ini bisa membuat makan anda tambah lahap. Seolah-olah anda makan enak. Padahal enak beneran kan? Masak makan seperti itu tidak bersyukur?
  3. Makanlah saat lapar. Ini jurus yang paling ampuh. Banyak sekali yang mengatakan bahwa makan saat lapar akan terasa enak. Enaknya bukan main--luar biasa. Menggunakan nasi putih pun akan terasa enak. Alasannya karena kita laper. Coba kalau kenyang, mau dikasih nasi padang lauk rendang, gudeg wijilan, bebek goreng pak Slamet tetap saja nggak mau. Karena sudah laper. Kebalikannya bukan, saat perut sudah kenyang, makanan apa saja akan terasa tidak enak.
  4. Makanlah dengan tersenyum atau gembira. Cara seperti ini bisa membuat makan anda terasa nikmat. Dengan apa pun lauknya makanan itu akan tetap enak. Soalnya anda lagi bahagai. Memunculkan rasa gembira dari jiwa membuat apa yang ada terasa lezat. Beda halnya anda makan dengan murung, sedih atau gelisah.
Cukup sekian dulu beberapa tips agar saat makan anda terasa enak. Kurang dan lebihnya kata dari kami mohon dimaafkan. Jika masih perlu ditambahkan dengan senang hati bisa dimasukkan pada kolom komentar. Siapa tahu anda lebih memiliki tips yang lebih jitu daripada kemulsarung. Salam satu jiwa. Kata pendukung Arema. 



0 Komentar untuk "4 Tips Agar Saat Makan Selalu Terasa Nikmat dan Enak"

Silakan Berkomentar Dengan Baik dan Bijak. Salam Kemul Sarung.

Back To Top