Blog Curhat dan Curcol

Tips bagi caleg yang kalah


sumber gambar
Kemul sarung akan memberikan sedikit tips bagi caleg yang kalah. Kita pasti tahu, setiap pertarungan yang fair pastinya akan melahirkan satu orang juara. Juara yang lahir dari sistem yang adil tentunya. Begitupun saat mencalonkan menjadi calon legislatif. Dari 12 partai nasional akan memperjuangkan calon-calonnya agar bisa menang. Untuk para caleg yang sudah mengeluarkan cost banyak tentunya berharap uang itu kembali. Janjinya adalah membangun masyarakat agar lebih sejahtera.

Jika anda sebagai caleg kemudian gagal terpilih tentunya anda akan kecewa. Sudah menggelontorkan dana yang banyak, eh masih kalah juga. Namun jangan keburu strees, jika anda paham bahwa hidup itu ada menang yang kalah. Maka anda akan tenang menghadapinya. Jika tidak siap maka sesungguhnya anda tidak pantas menjadi caleg. Berikut ada tips sederhana bagi caleg yang kalah:

  1. Hadapi saja. Yah, cara yang paling hebat adalah menghadapinya. Jangan lari dari masalah. Anda baru dengar quick qount langsung pingsan. Orang yang seperti ini belum siap untuk menjadi caleg. Sudahlah hadapi saja, hidup pasti akan ada masalah. Toh anda ketika menjadi caleg tentunya sudah siap atas resiko yang terjadi pada anda.
  2. Siang menang dan siap kalah. Jika anda ditanyai "Apakah anda siap menang?" Maka anda akan menjawab "Siap" Kemudian dilontarkan pertanyaan lanjutan "Apakah anda siap kalah?" Maka anda akan ragu-ragu menjawabny "S..ss..sssiap". Okelah. Seharusnya anda tahu bahwa jika anda sedang berarung dalam pemilihan caleg maka resikonya adalah menang atau kalah. Jika terjadi salahsatu dari kedua hal tersebut maka anda harus siap lahir dan batin.
  3. Relakan. Mungkin ini susah. Kalau jawabannya anda diminta untuk melupakan maka susah sekali. Yang paling masuk akal adalah relakan. Jika anda memang sudah kalah, maka terimalah dengan berbesar hati. Mungkin merelakan pada awalnya susah, tapi yakinlah anda bisa.
  4. Berkumpullah dengan kaluarga. Keluarga menjadi salah satu solusi ketika anda kalah dalam pemilu legislatif. Berkumpul dengan keluarga kemudian berbagi sambil bersenda gurau, akan membuat anda lebih nyaman. Kecewa pastinya ada, namun jika sudah berkumpul dengan keluarga, bermain dengan anak atau cucu, maka kekecewaan itu akan cepat sirna.
  5. Keluarlah dan pandangilah alam ini. Mungkin setelah berkumpul dengan  keluarga ajaklah keluarga anda jalan-jalan. Nikmati keindahan alam yang luas ini. Tidak harus jauh, mungkin anda perlu pergi ke sawah sambil membawa bekal makanan. Di sana anda makan bersama dengan keluarga sambil ditemani burung pipit yang terus menjumput biji-bijian padi, menikmati semilirnya angin sawah. Maka anda akan lebih cepat untuk merasakan ketenangan.
Mungkin segini dulu tips bagi caleg yang kalah. Semoga bisa dijadikan referensi bagi para caleg yang sedang dirundung duka. Namun tetaplah berdiri tegak, masih ada Tuhan yang maha kuasa. Yang selalu bisa membuat anda tersenyum bahagia. Jangan sampai hanya karena kalah dalam pemilihan legislatif kemudian anda stress dan masuk rumah sakit jiwa. Jika anda masih memiliki iman, maka anda masih bisa berpikir jernih. 


0 Komentar untuk "Tips bagi caleg yang kalah"

Silakan Berkomentar Dengan Baik dan Bijak. Salam Kemul Sarung.

Back To Top