Blog Curhat dan Curcol

7 Tips Agar Tugas Akhir Anda Cepat Selesai


sumber gambar
Duh. Skripsi, tesis dan disertasi seringkali membuat beban pikiran. Hasilnya tidak bisa tidur, kepala pusing dan badan jadi lemas. Apalagi ditambah putus cinta, bagi yang berpasangan lho. Kalu jomblo sih nggak pa2. Tapi jangan takut bagi para jomblowan dan jomblowati, or bisa anda baca tipsnya di sini.  Nah ada beberapa hal harus anda hindari agar skripsi anda cepat selesai dan anda tidak gundah gulana berkepanjangan. Caranya seperti berikut:

  1. Jangan anggap skripsi itu susah. Itulah hal pertama dan terpenting dan harus anda lakukan. Jika anda menganggap skripsi itu susah maka akan susah benaran.
  2. Jangan meninggalkan skripsi dalam waktu yang lama. Ini sering dilakukan oleh mahasiswa termasuk saya dulunya, hehe. Sudah lama meninggalkan skripsi dan terasa nyaman. Lama-lama satu sampai dua tahun tidak terasa. Eh, tau-taunya surat DO dari kampus segera tiba.
  3. Biasakan setiap minggu bertemu dosen pembimbing. Ini cara terbaik dan terefektif yang pernah kemul sarung lakukan. Bertemulah dengan dosen maksimal seminggu sekali. Walaupun anda belum punya modal untuk bertemu dosen. Setidaknya anda bisa diskusi atau curhat mengapa kok skripsinya belum selesai. Dosen nanti akan memberikan bimbingan buat anda.
  4. Jangan banyak begadang. Nah, yang dimaksud jangan banyak begadang di sini adalah begadang yang tidak berguna. Bolehlah sesekali anda bermain game, ngumpul bareng di warung kopi. Namun ingat, jangan lama-lama. Nanti akan menjadi kebiasaan dan akhirnya skripi anda tinggalkan benaran.
  5. Jangan sampai hobi mengalahkan skripsi. Misal anda suka bermain futsal. Setiap hari bermain bahkan sampai malam. Eh skripsi ditinggalkan, waktu untuk bermain futsal anda alokasikan separuhnya. Kemudian separuhnya untuk tidur karena capek. Ini jangan sampai terjadi.
  6. Jangan sampai pacaran mengganggu anda. Ini buat para cowok atau cewek yang pasangannya suka ngatur-ngatur. Ini salah, itu salah. Ketika mau ngerjain skripsi minta telepon, itu pun harus lama. Lama-lama anda tidak bisa mengerjakan skripi. Pilihlah pasangan yang bisa mendukung anda untuk terus berkembang.
  7. Jangan banyak nonton acara di televisi. Sekarang hampir seluruh kos-kosan ataupun kontrakan memiliki televisi dalam kamarnya. Acaranya pun semakin lama membuat kita diajak untuk terus menonton. Saking sukanya nonton acara di televisi anda khusyu' banget nontonnya. Skripsi ditinggalkan dan lupa benaran.
Nah,ada tujuh tips yang harus anda hindari ketika sedang mengerjakan tugas akhir. Semoga ketujuh tips tersebut bisa bermanfaat buat anda. Dan kami dari tim kemul sarung mendoakan semoga anda yang belum lulus cepat lulus, dan dosennya yang susah semoga cepat diberikan hidayah oleh Tuhan. Tetap semangat kawan, orantua dan orang-orang tercinta menunggu keberhasilan anda. Salam sukses



Tag : Artikel, Curhat
0 Komentar untuk "7 Tips Agar Tugas Akhir Anda Cepat Selesai"

Silakan Berkomentar Dengan Baik dan Bijak. Salam Kemul Sarung.

Back To Top